CARA INSTALL FONT MICROSOFT OFFICE DI LIBREOFFICE

Pada saat beralih menggunakan linux,salah satu bentuk penyesuaian yang harus saya lakukan pada saat menggunakan linux adalah dalam menggunakan aplikasi office, kalau di w*ndows kita terbiasa menggunakan microsoft office maka di linux kita akan menggunakan libreofffice, salah satu bentuk penyesuaian yang saya harus lakukan adalah menyesuaikan file-file terdahulu yang di ketik dalam microsoft office yang masih saya gunakan untuk dapat kompatibel pada saat saya menggunakan libreoffice.
Ketika menggunakan libreoffice file-file tersebut dapat terbuka dengan baik hanya saja ketika file tersebut sudah dapat terbuka, maka saya menemukan bahwa ketikan saya yang lama akan tidak rapi lagi atau dalam kondisi paragraf/halaman yang bergeser, hal ini disebabkan karena libreoffice belum mendukung font yang dulu saya gunakan sewaktu menggunakan microsoft office seperi font "arial,times new roman, verdana, dll". Untuk itu kita perlu menginstall font-font tersebut di libreoffice kita. caranya adalah sebagai berikut : 
1. Buka Terminal 
2. Lalu Ketikkan Perintah : sudo apt-get install ttf-mscorefonts-installer 
3. Lalu Masukkan Password anda 
4. Ketika muncul license agreement tekan enter untuk "OK" lalu scrol kebawah atau "tab" lalu tekan "enter" untuk menyetujui lisensi. 

Setelah proses selesai lakukan lagi dengan cara yang sama untuk menginstall : sudo apt-get install cabextract.

Jika Proses telah selesai, silahkan restrart komputer anda dan font-font baru seperti " arial, verdana, times new roman, dll" yang biasa kita gunakan di microsoft office sudah tersedia di libre office anda dan ketika anda membuka ketikan lama anda yang anda buat di mirosoft office libre office akan menyesuaiakn font-font yang telah anda gunakan di liberoffice sehingga ketikan anda tidak dalam kondisi tidak teratur lagi. selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda